Kata PENGANTAR UNTUK EDISI TERBARU Think And Grow Rich

Standar

I

PENGANTAR

UNTUK EDISI

TERBARU160_ap

Ketika terbit pertama kab pada tahun 1937, buku Think and Grow Rich disebut-sebut sebagai salah satu buku yang paling inspirasional di masanya. Di samping karya Dale Carnegie yang berjudul How to Win Friends and Influence People dan buku Norman Vincent Peale yang berjudulThe Power of Positive Thinking, buku ini menjadi bacaan wajib bagi orang-orang yang mengejar kesuksesan di dalam kehidupan dan karirnya.

Lebih dan 15 juta kopi buku ini laris terjual dan telah menjadi peta praktis bagi jutaan orang yang berusaha melepaskan diri dan belenggu kemiskinan di masa depresi ekonomi dan selangkah lebih maju dalam meningkatkan kemakmuran mateni mereka, keluarganya dan para karyawannya.

Siapakah Napoleon Hill dan dan sumber mana dia mendapatkan filosofi hidupnya? Napoleon Hill yang berasal dan keluarga miskin, lahir pada tahun 1883, di sebuah.

18

pondok berkamar satu di daerah pedesaan di Virginia. Dia sudah yatim piatu pada umur 12 tahun dan sempat kemiskinan, watak pemberontak dan perjuangannya untuk mendapatkan pendidikan telah membentuk sosoknya sebagai salah saW orang paling Jenius di jamannya.

Pada usia 13 tahun dia mengawali karir sebagai kontnbutor lepas untuk beberapa koran lokal maksudnya, dia menjadi reporter yang menulis artikel dan benta-berita ringan dengan upah beberapa sen setiap barisnya. Mungkin perjuangannya untuk bangkit dan jerat kemiskinan itulah yang membuatnya terobsesi dengan topik mi dan senantiasa bertanya: mengapa orang gagal mencapai kekayaan fmnansial dan kebahagiaan di dalam hidup mi.

Demi mencari uang dia memutuskan untuk meniti karir dibidang hukum dan jurnalisme. Penghasilannya sebagai reporter dipakainya untuk membiayai kuliah di fakultas hukum. Peluang terbesarnya datang ketika dia mendapatkan tawaran untuk menulis kisah-kisah sukses para pesohor.

Salah satu tokoh yang dia wawancarai untuk proy ek itu adalah Andrew Carnegie, industnawan baja terkemuka di dunia. Tn. Carnegie begitu terkesan dengan wartawan muda itu, dan memberinya pekerjaan yang akan membuat Hill menghabiskan masa duapuluhlima tahun sesudah itu. Proyek yang ditawarkan adalah mewawancarai 500 tokoh milyuner untuk menemukan formula rahasia sukses yang dapat dipakai oleh siapa saja.

Tokoh- tokoh yang diwawancarai mencakup orango rang paling tersohor dan terkaya di masanya, antara lain: Thomas Edison, Alexander Graham Bell, Henry Ford, Charles M. Schwab, Theodore Roosevelt, William Wrigley

Jr, John Wanamaker, William Jennings Bryan, George

Eastman, Woodrow Wilson, William, H. Taft, John D.

Rockefeller, F. W. Woolworth, dan banyak lagi tokoh yang tak lagi dikenal di masa kini.

Pribadi bagi Napoleon Hill,Tn.Carnegie membantu Hill merumuskan formula filosofi kesuksesan dengan menyarikan hasil pemikiran dan pengalaman orang-orang yang berhasil diwawancarai.

Suksesnya penerbitan buku Think and Grow Rich telah membuka karir panjang dan gemilang bagi Hill sebagai konsultan bagi para pebisnis, dia banyak memb erikan ceramah dan menulis beberapa judul buku lagi, dan semua itu menjadikannya seorang milyuner pula.

Napoleon Hill meninggal pada bulan November 1970 setelah menempuh karir yang panjang dan gemilang. Karyanya telah menjadi panduan untuk mencapai prestasi pribadi dan telah mempengaruhi Jutaan pembacanya selama hampir 70 tahun.

Memperbarui karya Idealis jelas sebuah tugas yang maha berat. Filosofl dasar sang penulis tak boleh diubah sedikit pun. Buku ini tetap menjadi karya Napoleon, bukan karya saya. Saya memperlakukan buku klasik ini sebagaimana seorang ahli restorasi benda seni yang akan merestorasi sebuah lukisan klasik. Saya harus membuang lapisan debu dan kotoran yang membuat lukisan agung itu nampak kusam, tanpa terlalu banyak mengubah karya seni itu. Lalu dengan sapuan kuas yang halus dan hati-hati sesuai dengan gaya sapuan seniman aslinya, saya harus dapat mengembalikan keindahan asli lukisan itu. Mengupdate sebuah buku pun menuntut pendekatan yang sama. Dengan sangat hati-hati saya menyimak.

20

naskah aslinya dan menghapus kisah-kisah dan berbagai anekdot yang sangat bermakna untuk konteks tahun 1930-an namun sudah usang bagi pembaca dan abad ke-21. Saya gantikan kisah-kisah dan lelucon itu dengan contoh dan ilustrasi lain yang menampilkan tokoh-tokoh yang merupakan contoh dan penerapan pnnsip-prinsip.

Pada bab-bab berikut mi Anda akan segera memp elajari prinsip-prinsip itu, dan disamping menyimak kisah-kisah sukses para tokoh yang diteliti oleh Hill untuk buku edisi aslinya, antara lain: Carnegie, Edison, Ford dan para pengusaha terkenal dan akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, Anda juga akan saya perkenalkan dengan sederet Jawara bisnis kontemporer, seperti Bill Gates, Mary Kay Ash, Arnold Schwarzenegger, Ray Kroc, Michael Jordan dan banyak lagi.

Resep Napoleon Hill menuju sukses dan kaya raya yang telah terbukti mi sama efektifnya bagi pembaca di masanya dengan pembaca di masa kini. Semua yang telah membaca, memahami dan menerapkan filosofinya pasti lebih sigap untuk meraih dan menikmati taraf hidup yang lebih baik, yang selama mi tak pernah diraih oleh orang lain, kecuali yang benar-benar siap untuk menyambut kesuksesan itu.

Jadi, sambil secara tekun menyimak petunjuk Napol eon Hill, bersiap-siaplah mengubah cara Anda menyikapi hidup. Kesungguhan Anda akan mempemiudah Anda meraih kehidupan yang penuh harmoni dan cakrawala yang luas, serta mengangkat derajad Anda ke tataran para milyarder.

Arthur R. Pell, Ph.D.

Iklan

One response »

  1. Ping-balik: Pembukaan Think and Grow Rich Karya Napoleon Hill Indonesia | Khokom Go-Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s