KATA PENGANTAR PENULIS UNTUK EDISI ASLI BUKU Think And Grow Rich

Standar

KATA PENGANTAR PENULIS

Napoleon-HillUNTUK EDISI ASLI

THINK AND GROW RICH

Seluruh bab di dalam buku ini akan mengungkap rahasia cara meraih kesuksesan finansial yang telah mendatangkan kekayaan melimpah bagi Iebih dan hmaratus orang super kaya yang telah saya analisa dengan sangat seksama selama bertahun-tahun.

Rahasia tersebut mula-mula ditunjukkan oleh Andrew Carnegie, Iebih dan seperempat abad yang lalu. Lelaki tua keturunan Skotlandia yang cerdik dan kocak itu dengan agak sembrono membocorkan IDE GAGASAN RAHASIA itu ke dalam benak saya, padahal saat itu saya masih muda sekali. Kebka itu dia tengah duduk santai di kursi empuknya dan sambil mengedipkan mata dengan riang, mencoba melihat apakah otak saya mampu menangkap makna penting dan perkataannya.

Ketika dirasanya saya mengerti, dia menanyakan apakah saya bersedia menghabiskan waktu duapuluh tahun atau bahkan Iebih untuk menyampaikan rahasia besar itu kepada dunia, kepada semua lelaki dan perempuan yang akan terus menjalani hidupnya sebagai pecundang jika mereka tak mendapatkan rahasia itu. Saya bersedia, dan dengan buku mi akan mengungkapkan rahasia itu, yang telah berhasil diuji coba oleh ribuan orang hampir di dalam semua aspek kehidupan mereka. Tn. Carnegie menginginkan agar formula ajaib yang telah memberinya harta yang berlimpah ruah itu harus bisa didapatkan oleh orang-orang yang tak punya cukup waktu untuk menginvestigasi rahasia sukses para taipan, dan dia sangat mengharapkan saya juga mau menguji dan membuktikan kehebatan formula ajaib itu berdasarkan pengalaman dan banyak orang yang saya sehdiki. Dia berkeyakinan bahwa formula rahasia itu hams diajarkan di sekolah-sekolah negeri dan di perguruan tinggi. Dia bahkan berpendapat, jika diajarkan dengan benar, form ula sukses itu akan mengubah seluruh sistem pendidikan, sehingga waktu yang dihabiskan untuk belajar di bangku sekolah dapat dipangkas menjadi kurang dan separuhnya.

Pengalamannya bermitra bisnis dengan Charles M. Schwab, dan orang-orang muda yang setipe dengannya, membuat Tn. Carnegie yakin bahwa banyak materi pelaj aran di seko(ah sama sekali tidak ada nilainya jika diband mngkan dengan upaya mencari nafkah dan menumpuk kekayaan. Dia dapat mengatakannya dengan penuh keyakinan sebab dia telah mengajak banyak sekali orang muda berbisnis dengannya, dan kebanyakan dan mereka tingkat pendidikannya sangat minimal. Dengan melatih orang-orang muda itu menggunakan formula ajaibnya, dia dapat membangun kepemimpinan yang sangat langka pada din mereka masing-masing. Lebih dan itu, hasil pelatihannya telah membuat kaya raya semua orang yang mengiku ti ajarannya.

Pada Bab 3 tentang FAITH atau KEYAKINAN, akan Anda baca cerita yang mengagumkan tentang sejarah berdirinya perusahaan baja raksasa United States Steel

Corporation, yang yang berhasil membuktikan bahwa formula rahasia Tn. Carnegie pasti berhasil dibuktikan oleh mereka yang siap untuk membuktikannya. Penerapan salah satu formula rahasia yang dilakukan oleh pemuda Charles M. Schwab itu telah mendatangkan uang dan PELUANG yang tak terkira besamya. Dengan kata lain, penerapan salah satu formula rahasia itu telah mendatangkan uang sebanyak enam ratus juta dolar.

Bukti-bukti itu yang sangat dikenal dan diyakini oleh orang-orang yang mengenal Tn. Carnegie akan memberikan gambaran yang jelas tentang manfaat yang terkandung di dalam buku mi, asalkan Anda benar-benar

TAHU APA YANG ANDA INGINKAN.

Bahkan sebelum diuji coba selama dua dasawarsa, rahasia itu telah beredar pada lebih dan seratus ribu orang yang memanfaatkannya, persis seperti yang dUngmnkan Tn. Carnegie. Banyak yang berhasil menumpuk harta, dan banyak pula yang menerapkannya untuk menciptakan keselarasan di dalam rumah tangganya.

Rahasia tersebut akan saya sebutkan tak kurang dan dua ratus kali di dalam buku mi. Rahasia itu memang tidak disebutkan secara eksplisit, karena dia akan terbukti manjur kalau dibiankan tersingkap dan terlihat dan mungk in akani ditemukan oleh mereka yang benar-benar MENCARINYA dan SlAP MENGGUNAKANNYA. Formula itulah yang dilontarkan kepada saya oleh Tn. Carnegie tanpa menyebutkan deblnya secara gamblang.

Jika Anda SlAP menggunakannya, Anda pasti akan mengetahui rahasia tersebut setidaknya pada setiap bab yang Anda baca. Ingin rasanya saya cepat-cepat menunj ukkan rahasia kepada Anda, namun Anda akan rugi dan kehilangan berbagai faedahnya.

Ketika buku mi sedang saya susun, anak saya yang sedang menyelesaikan kuliahnya secara iseng membaca Bab 2 dan berhasil menemukan rahasia suksesnya. Dia manfaatkan informasi itu dengan sangat efektif sehingga dia berhasil meraih posisi tinggi dengan gaji yang jauh lebih besar dibandingkan dengan pemuda-pemuda sea ngkatannya. Kisah tentang kesuksesan anak saya itu saya singgung sedikit di Bab 2. Setelah membacanya mungkin Anda dapat menepis prasangka yang mengeram di hati bahwa buku mi terlalu banyak mengobral janji. Dan jika Anda sempat patah semangat, atau kalau Anda banyak dibelit oleh kesulitan hidup yang membuat jiwa Anda serasa mati, atau bila Anda berkali-kali berusaha dan terus gagal, jika Anda memiliki cacat dikarenakan suatu penyakit atau kekurangan fisik, kisah sukses anak saya yang menemukan formula ajaib Tn. Carnegie mungkin dapat menjadi semacam oasis di tengah-tengah Gurun Keputusasaan yang selama mm Anda dambakan.

Formula rahasia tersebut juga dipakam secara total oleh Presiden Woodrow Wilson selama masa PD I. Dia serukan rahasia itu kepada setiap prajunt yang maju ke medan perang, yang dengan seksama dikemasnya dalam program-program latihan yang mereka jalani sebelum ter)un ke kancah perang. Presiden Wilson juga mengatakan bahwa rahasia tersebut telah menjadi faktor penentu keberhasmlan menggalang dana besar yang diperlukan untuk mem- biayai perang.

Pada awal abad ke-20, Manuel L. Quezon (saat itu Residen Komisaris Kepulauan Filipina) juga mendapatkan manfaat dan formula rahasia itu, berupa ilham untuk membebaskan rakyatnya, dan selanjutnya dia memimpin negeri itu sebagai presiden pertama Republik Filipina.

Yang istimewa pada formula rahasma mi adalah fakt a bahwa terhanyut menuju kesuksesan dengan sedmkit berusaha, dan tak lagi pemah mengalami kegagalan’ Jika Anda ragu, bacalah daftar nama mereka yang telah memanfaatkannya, periksa sendin catatan ekor mereka, dan Anda barn percaya.

Adakah yang Iebih hebat dad ?4ERAIH KESUKSESAN

DENGAN USAHA MINIMAL?

Rahasia yang saya maksud itu tentu tak dapat diraih tanpa pengorbanan, meskipun pengorbanan itu nilainya jauh tak sepadan dengan keberhasil yang akan Anda raih. Orang-orang yang tidak bemmat mencannya juga tak akan mendapatkannya. Rahasma itu tidak dmberikan secara cuma-cuma, tak dapat diperjualbelikan karena dia terdin atas dua bagian. Bagian yang pertama sesungguhnya sudah dimiliki oleh orang-orang yang siap mendapatk annya.

Formula rahasia itu akan memuaskan keinginan orang-orang yang siap untuk mendapatkannya. Bahkan pendidikan tak ada kaitannnya dengan rahasia mi. Jauhj auh han sebelum saya lahir, rahasia itu telah dimiliki oleh Thomas Alpha Edison, dan dia menggunakannya dengan sangat cerdik sehingga dirinya menjadi tokoh pencipta paling tersohor di jagad ni, meski pada kenyataannya dma cuma sempat duduk di bangku sekolah selama tiga bulan saja.

Rahasia ¡tu juga ditularkan kepada mitra bisnisTn.Edison. Orang ¡tu menggunakannya dengan sangatefektif, sehingga meskipun awalnya dia hanya memilikiincome $12,000 setahun, dia berhasil menumpuk kekayaan dan memutuskan untuk pensiun dini. Anda dapatmenyimak kisahnya di awal Gab 1. Seharusnya Anda yakinbahwa kekayaan bukanlah sesuatu yang sulit diraih,bahwa Anda masih bisa menjadi apa yang Anda inginkan,bahwa dicapai oleh mereka yang siap dan benar-benarberniat memperoleh berkah itu.Lalu bagaimana cara mengenalihal-hal itu? Andapasti menemukan jawabannya sebelum selesai membacabuku ini. Goleh jadi Anda akan menemukannya pada babpertama, atau pada halaman terakhir.Selama melakukan riset selama duapuluh tahun se-suai yang diminta Tn. Carnegie, saya menganalisa ratusanorang terkenal yang mengakui bahwa mereka berhasilmenjadi kaya raya berkat bantuan rahasia Tn. Carnegie.Orang-orang itu antara lain adalah:

Henry Ford

Theodore Roosevelt

William Wrigley

John Wanamaker

James J. Hill

Wilbur Wright

William Jennings Gryan

Woodrow Wilson

William. Howard Taft

Elbert H. Gary

King Gillette

Alexander Gell

John D. Rockefeller

Thomas A. Edison

  1. W. Woolworth

Clarence Darrow

Nama-nama di atas tentu saja hanya sebagian kecil dan ratusan lain sebagainya, membuktikan bahwaorang-orang yang memahami dan menerapkan rahasiasukses Carnegie, akan men- dapatkan kedudukan yangtinggi di dalam kehidupannya. Gelum pernah saya temukanorang yang gagal setelah dirinya terinspirasi untukmenggunakan formula rahasia itu. Gelum pernah pula sayaketahui orang yang menjadi ternama dan berhasilmenumpuk harta, tanpa memiliki rahasia Tn. Carnegie. Berdasarkan fakta itu saya berani menyimpulkan bahwa formula rahasia, sebagai bagian dan pengetahuan yang diperlukan untuk memicu semangat/kekuatan jiwa, jauh lebih penting dan apa yang disebut “pendidikan.”Lagipula, apakah PENDIDIKAN itu? Pertanyaan itusudah terjawab dengan sangat gamblang. Sejauh ¡tumenyangkut waktu yang dihabiskan di bangku sekolah,tokoh-tokoh sukses tadi sangat sedikit menikmatinya.John Wanamaker pernah berkisah bahwa dia sangatsedikit menikmati bangku sekolah, ibaratnya lokomotif uap yang mengisi air tanpa berhenti sama sekali. Heny Fordtak pernah duduk di bangku sekolah menengah, alih-alihkuliah di perguruan tinggi. Saya bukan bermaksudmengecilkan arti pendidikan di sekolah; saya hanya inginmenyuarakan keyakinan saya bahwa orang-orang yangberhasil menguasai formula rahasia itu dan menerapkannya, akan meraih posisi yang tinggi, memperoleh 14

kekayaan, dan bebas menentukan jalan hidupnya sendiri,Saat Anda menyimak buku mi, entah dan mana rahasia itu nanti akan muncul dan menampakkan din secara terang-terangan, JIKA ANDA SlAP MENERIMANYA! Dan jika rahasia itu nantlnya muncul, Anda tak akan kesulitan mengenalinya. Apakah Anda mehhat tandat anda kemunculannya di bab pertama atau terakhir, berhentilah sejenak dan bersulang.

Sekarang kita akan langsung menuju ke Bab 1, yang memuat kisah sahabat saya yang mengaku telah melihat tanda-tanda mistis rahasia itu, yang kesuksesan bisnisnya membuktikan dia telah bersulang untuk meray akan perubahan arah hidupnya. Saat Anda menyimak kisah itu dan centa-cerita lainnya, jangan lupa bahwa kisah mereka juga mengetengahkan berbagai problem berat di dalam hidup in seperti yang dialami orang pada umumnya.

Masalah yang muncul pada saat orang mencoba mencari nafkah, merenda harapan, menumbuhkan keberanian, mencari kepuasan dan kedamaian jiwa; menumpuk harta benda dan menikmati kebebasan jasmani dan spiritual.

Jangan lupa, bagian-bagian dan buku mi yang memaparkan fakta dan bukan fiksi dimaksudkan untuk menunjukkan kebenaran universal yang dapat dipelajari oleh mereka yang bukan hanya SlAP untuk mempelajari APA YANG HARUS DILAKUKAN, melainkan juga BAGAIMANA CARA MELAKUKANNYA, sekaligus siap menerima RANGSANGAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENGAWALI LANGKAH.

Sebagai penutup bagi kata pengantar sebelum Anda mulai membuka bab pertama, ijinkan saya memberi saran yang akan

membuka kunci rahasia ajaib Tn. Carnegie:

SEMUA PRESTASI, SEMUA HARTA KEKAYAAN, BERAWAL DARI SEBUAH IDE!

Jika Anda slap menyingkap rahasia itu, sesungguhnya Anda sudah memiliki separuhn ya, sehingga tak sulit bagi Anda untuk mengenali separuhnya lagi jika tiba saatnya nanti.

NAPOLEON HILL. 1937 . 16

membuka kunci rahasia ajaib Tn. Carnegie:

SEMUA PRESTASI, SEMUA HARTA KEKAYAAN, BERAWAL DARI SEBUAH IDE!

Jika Anda slap menyingkap rahasia itu, sesungguhnya Anda sudah memiliki separuhn ya, sehingga tak sulit bagi Anda untuk mengenali separuhnya lagi jika tiba saatnya nanti.

NAPOLEON HILL. 1937 . 16

Iklan

One response »

  1. Ping-balik: Pembukaan Think and Grow Rich Karya Napoleon Hill Indonesia | Khokom Go-Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s