1. Kedahsyatan Pikiran… Halaman 23, Dari Buku Think And Grow Rich

Standar

1

KEDAHSYATAN

PIKIRAN

KISAH TENTANG ORANG YANG

“TEROBSESI” UNTUK MENJADI MITRA BISNIS THOMAS A. EDISON

Sesungguhnya, pikiran akan menjelma menjadi ses uatu yang maha dahsyat jika didukung oleh tujuan yang jelas, kebulatan tekad dan KEINGINAN YANG KUAT untuk menerjemahkan atau mengejawantahkannya menjadi harta benda atau materi lamnnya.

Edwin C. Barnes sudah membuktikan bahwa orang bisa BERPIKIR KAYA DAN BENAR-BENAR MENJADI KAYA.

Tentu saja penemuannya itu tidak berlangsung dalam sekejap mata, melainkan secara bertahap, sedikit demi sedikit, diawali dengan sebuah KEINGINANNYA YANG KUAT menjadi mitra bisnis Thomas Edison. Salah satu hal yang membedakan KEINGINAN Barnes dan keinginan lainnya adalah bahwa keinginan itu sangat jelas dan pasti. Dia ingin bekerja sama dengan

22

Edison, bukan bekerja untuknya. Perhatikanlah baik-baik pemaparan berikut ini yang menjelaskan sebuah kenyataan, agar Anda Iebih memahami ketigabelas prinsip yang dapat membuat Anda menjadi kaya raya.

Jika KEINGINAN, atau gejolak pikiran itu pertama kali melintas di benaknya, dia belum mampu untuk serta merta menindaklanjutinya. Ada dua kesulitan yang menghadangnya. Dia belum kenal dengan Tn. Edison, dan tidak punya cukup uang untuk ongkos tiket kereta api ke kota Orange di New Jersey. Kesulitan-kesulitan itu cukup besar dan bisa membuat kebanyakan orang ciut nyalinya dan urung mengejar keinginan mereka. Tetapi keinginan di dalam hatinya itu memang bukan sembarang hasrat’ Dia sudah bertekad bulat mencari cara untuk mewujudk annya, hingga akhirnya dia memutuskan untuk menump ang gerbong barang yang menuju ke East Orange.

Dia langsung menghadap Tn. Edison di laboratnya, seraya mengatakan niatnya untuk berbisnis dengan tokoh penemu besar itu. Ketika mengisahkan pertemuan pertamanya dengan Barnes beberapa tahun sesudahnya, Tn. Edison mengatakan, Dia berdiri di hadapan saya dengan penampilan yang Iebih mirip seorang gembel, namun ada sesuatu di wajahnya yang membuat saya yakan bahwa dia sudah bertekad bulat untuk merath keinginannya. Setelah sekian lama berurusan dengan berbagai tipe manusia, saya pun paham, jika seseorang benar-benar sangat MENGINGINKAN sesuatu sampai dia rela mempertaruhkan seluruh masa depannya, dia pasti akan menang. Saya berikan kesempatan yang dimintanya, karena saya hhat dia akan tetap bertahan sampai dia berhasil. Berbagai kejadian setelah itu membuktikan bahwa keputusan saya tak salah.

Apa yang dikatakan Barnes kepada Tn. Edison saa t itu tak seberapa penbng dibandingkan dengan apa yang dipikirkannya. yang mendorong Edison menerima dia di kantomya, karena penampilannya benar-benar parah. Apa yang tersimpan di benaknya jauh lebih penting.

Jika semua pembaca dapat menangkap pesan penting di bahk statemen mi, mungkin Anda tak perlu lagi membaca buku mi sampai habis.

Dan tatap muka pertama itu tentu saja Barnes tak Iangsung diangkat menjadi mitra bisnis Edison. Dia hanya diberi kesempatan bekerja di kantor Edison dengan gaji yang sangat minim, dan melakukan pekerjaan yang dianggap sangat sepele oleh Edison. Tapi Barnes justru menganggapnya sangat penting, sebab pekerjaan itu memberinya peluang untuk langsung menggelar dan menunjukkan barang dagangannya” kepada calon rekan bisnisnya.’ Beberapa bulan berlalu. Tak nampak tandat anda bahwa Barnes akan mencapat tujuannya. Namun, dalam benaknya Barnes telah menyimpan TUJUAN TERPENTING YANG PASTI. Secara konsisten dia semakin mengobarkan KEINGINANNYA untuk menjadi rekanan bisnis Edison.

Para psikolog dengan Jitu menyatakan, “Jika orang benar-benar siap untuk mendapatkan sesuatu, sikap itu akan nampak dan penam- pilannya.” Barnes sudah sangat siap bermitra dengan Edison; lebih dan itu, dia sudah bertekad untuk SELALU SlAP SAMPAI DIA MENDAPATKAN APA YANG DICARINYA.

Dia tak pernah sekalipun berkata, ‘Ah, sia-sia saja semua mi. Lebih baik aku banting stir dan mencoba menjadi salesman. “Sebalmknya dia berujar, Saya datang ke sini untuk berbisnis dengan Edison, dan tak peduli

24

kalau saya harus menghabiskan seluruh umur saya untuk itu, saya tetap akan mewujudkannya.’ Dia bersungguhs ungguh dengan tujuannya! Kesungguhan hati yang TUJUAN YANG PAST! dan terus berpegang teguh pada cita-cita itu bahkan menjadikannya sebuah obsesi yang menyita segenap jiwa raganya!

Mungkin Barnes yang ketika itu masih muda tak sempat menyadarinya. Tetapi tekadnya yang sudah membatu, kekerasan hatinya untuk mewujudkan sebuah HASRAT, sudah ditakdirkan untuk mengatasi semua penolakan dan membawa peluang yang dicarinya.

Saat peluang itu akhirnya datang, dia muncul dal am wujud yang sama sekali berbeda, dan di luar dugaan Barnes. Di situlah letak liciknya kesempatan. Dia suka menyelinap lewat pintu belakang, dan sering menyamar sebagai kemalangan, atau kekalahan sesaat. Itulah mengapa banyak orang yang gagal mengenalinya.

Tn. Edison baru saja menyempumakan penemuan barunya, sebuah piranti kantor yang dinamai Edison Dictating Machine (belakangan disebut Ediphone). Para salesman Edison sangat tidak antusias memasarkan mesin itu. Mereka sangsi mesin itu akan mudah dijual. Barnes melihat peluang terhampar di depan matanya. Peluang itu datang diam-diam dalam wujud sebuah mesin yang aneh, yang tak menank bagi siapa pun kecuali Barnes dan Edison sebagai pencipta mesin itu.

Barnes yakin dia dapat menjual mesin itu. Dia menyampaikan hal itu kepada Edison, dan seketika mend apatkan peluang yang diincamya. Dia berhasil memasark an mesin itu. Bahkan dia berhasil mencapai rekor penjualan yang spektakuler sampai-sampai Edison memb ennya kontrak untuk mendistribusikan dan memasarkannya ke seluruh Amerika. Dan kemitraan ini muncul sebuah slogan yang terkenal, “Made by Edison, installed by Barnes N Berkat kemitraan besar: dia berhasil membuktikan bahwa orang bisa ‘Berpikir Kaya dan Benar-Benar Kaya.”

Berapa banyak uang Barnes yang dihasilkan oleh KEINGINAN yang pertama kali muncul di benaknya dulu, saya tak pernah tahu Mungkin dia berhasil menangguk tiga juta dolar. Namun jumlah itu, seberapapun besamya, tak lagi penting kalau dibandingkan dengan aset yang lebih besar yang diperolehnya dalam bentuk pengetahuan yang pasti, bahwa cetusan pemikiran dapat di disulap menjadi sesuatu yang berwujud nyata dengan menerapk an prinsip-prinsip yang diketahui.

Secara harflah Barnes telah menjadi mitra bisnis Edison Pikirannya telah menjadikan dia milyuner. Dia sama sekali tidak punya modal awal, kecuali sebuah keyakinan tentang apa yang diinginkannya,

DAN TEKAD YANG BULAT UNTUK TERUS MEMEGANG TEGUH KEINGINAN ITU SAMPAI DIA BERHASIL MEWUJUDKANNYA.

Dia tak punya uang untuk mengejar ambisinya. Bekal pendidikannya sangat minim. Dia tak punya pengaruh. Namun dia mempunyai inisiatif, keyakinan dan keinginan untuk menang. Berkat dorongan dan kekuatan yang tak kasat mata itu dia berhasil menyejajarkan dinnya dengan tokoh penemu terbesar sepanjang jaman Edison.

Sekarang man kita lihat situasi yang berbeda, ten- tang seseorang yang kehilangan modal sangat besar karena dia menyatakan din menyerah, padahal sesuatu yang dicannya hanya berjarak tiga kaki di depan matanya.

26

TINGGAL TIGA KAKI DARI TAMBANG EMAS

Salah satu faktor kegagalan yang paling umum terj adi adalah kecenderungan orang untuk menyerah ketika mengalami kekalahan sementara. Semua orang sesekah pasti pernah melakukan kesalahan mi.

  1. U. Darby, yang belakangan dikenal sebagai salah satu agen asuransi terbesar di Amerika menceritakan kisah pamannya yang dengan latah ikut-ikutan mencan emas pada jaman demam emas’. Pamannya itu memut uskan untuk pergi ke barat, MENGGALI TAMBANG EMAS DAN MENJADI KAYA RAYA. Dia belum pemah mendengar bahwa otak manusia menyimpan cadangan emas yang jauh lebih banyak ketimbang yang terkandung di perut bumi di mana pun. Dia mendapatkan lahan tambangnya, lalu mulai menggali dan menyelcop. Dia harus bekerja membanting tulang, tapi tekadnya sudah bulat.

Setelah menggali berminggu-minggu, dia mujur mendapat bijih emas yang berkilauan. Dia perlu mesin untuk mengangkat bijih emas itu ke permukaan. Diam diam dia menutupi lubang tambangnya dan pulang ke rumahnya di Williamsburg, Maryland, dan segera menyeb arkan benta tentang penemuannya itu kepada segenap kerabat dan tetangganya. Mereka bahu membahu mengumpulkan uang yang diperlukan untuk membeli mesin penggali tambang itu dan segera menginmkan mesin tersebut ke lahan tambang yang telah ditandainya. Darby dan sang Paman segera kembali ke tambang mereka.

Bijih emas sebanyak satu gerbong segera dikirimkan ke peleburan. Laba yang mereka dapatkan menunjukkan bahwa mereka telah mendapatkan lokasi tambang yang paling kaya kandungan emasnya di Colorado’ Hasil penjualan beberapa gerbong bijih emas yang dikirimkan ke peleburan akan segera melunasi hutang mereka. Sesudah itu mereka akan panen besar.

Mesin mereka mengebor tanah semakin daIam Har apan Darby terjadi’ Lapisan tanah yang mengandung bijih emas itu tiba-tiba lenyap. Mereka telah sampai ke ujung pengharapannya, dan temyata tambang emas itu tak dapat mereka dapatkan. Mereka mengebor lebih dalam lagi dan dengan membabi buta berusaha menemukan lapisan tanah yang kaya emas, tapi sia-sia saja.

Akhimya mereka putuskan untuk BERHENTI. Mereka jual mesin penggalinya kepada seorang tukang loak seharga beberapa ratus dolar, dan dengan menumpang kereta pulang ke rumah. Kebanyakan tukang loak memang tumpul otaknya, tapi tidak yang satu mi! Orang itu memanggil seorang insinyur pertambangan untuk melihat lubang yang ditinggalkan Paman Darby dan melakukan kalkulasi. Insinyur itu mengatakan pemilik tambang yang lama gagal mendapatkan emas karena mereka tidak mengenal apa yang disebut ‘fault lines’. Kalkulasinya menunjukkan bahwa lapisan yang kaya emas itu sebenarn ya tinggal tiga kaki lagi jauhnya, hanya TIGA KAKI DARI TITIK KELUARGA DARBY MENGHENTIKAN MESIN PEMBORNYA. Di sanalah emas itu itu di temukan.

Tukang loak itu berhasil meraup jutaan dolar dan tambang tersebut, berkat kemauannya menghubungi pakar sebelum menyatakan menyerah. Sebagian besar uang yang dipakai untuk membeli mesin tambang itu terk umpul berkat kerja keras R.U. Darby yang saat itu masih amat muda. Uang itu dia himpun dan sanak kerabat dan tetangganya, karena mereka percaya padanya. Meskipun perlu waktu bertahun-tahun, akhirnya dia berhasil juga melunasi hutangnya.

28

Bertahun-tahun sesudah kejadian itu Tn. Darby berhasil menebus kerugiannya beberapa kali lipat, ketika dia menemukan hal itu ketika dia terjun ke bisnis penjualan polls asuransi.

Ingat bahwa dia kehilangan harta kar un karena dia berhenti menggal. hanya tiga kaki saja dan emas yang dicarinya, Darby menangguk untung dan pengalamannya menekuni bidang mi, semata-mata dengan menanamkan keyakinan kepada dinnya sendiri: Aku berhenti menggali hanya tiga kaki dan emas itu, tapi aku tak akan pemah berhenti katena ditolak prospek yang kutawari polis asuransi. Dia belajar untuk tak gampang menyerah setelah memetik hikmah dan pengalaman nyata di mana dia mudah menyerah di bisnis emas.

Sebelum orang meraih keberhasilan, mereka pasti akan dihadapkan pada kekalahan sesaat, atau bahkan kegagalan. Kebka berhadapan dengan kekalahan, tindak an termudah dan paling logis adalah BERHENTI. Itulah yang dilakukan kebanyakan orang.

Lebih dan hma ratus tokoh sukses yang terkenal di negeri mi menyatakan kepada penulis bahwa sukses terbesar mereka akhirnya didapat- kan hanya beberapa langkah saja dan titik kegagalan semula. Kegalan memang penipu yang culas sekaligus penuh ironi. Mereka suka menjegal kaki orang yang tinggal selangkah meraih sukses.

PELAJARAN UNTUK TAK GAMPANG MENYERAH SEHARGA LIMAPULUH SEN

Tak lama setelah Tn. Darby mendapatkannya gelar dan Universitas Babak Belur, dan memutuskan untuk memanfaatkan hikmah dan kegagalannya menggeluti bisnis emas, dia beruntung bisa menghadin sebuah acara yang membuktikan padanya bahwa kata TIDAK” belum tentu berarti gagal.

Pada suatu sore dia tengah membantu pamannya menggiling gandum di sebuah penggilingan kuno. Pamann ya memiliki lahan pertanian besar yang juga ditinggah oleh banyak buruh tani. Tiba-tiba pintu terbuka dan masuk seorang bocah perempuan kecil, anak seorang buruh tani, yang melangkah dengan tenang dan berdiri di dekat pintu.

Pamannya menoleh kepada anak itu dan menghard ik dengan kasar, “Kau mau apa?

Dengan takut-takut anak itu menyahut, “Aku disuruh ibu minta uang limapuluh sen.”

“Tidak,” bentak sang paman dengan ketus, “Sekarang pulanglah.”

“Baik, tuan,” sahut anak kecil itu. Tapi dia tidak juga beranjak. Sang paman meneruskan pekerjaannya, dan saking sibuknya dia tak sempat melihat si bocah kecil yang tetap saja diam ditempatnya. Ketika akhirnya dia melihat anak itu masih berdin di sana, dia membentak dengan garang, “Sudah kubilang, pulanglah! Atau mau kupukul?”

Anak itu lagi-lagi bilang Ya,” tapi tak selangkahpun beringsut dari tempatnya.

Sang paman membanting sekarung gandum yang sedianya akan dia tuang ke atas batu penggilingan, lalu memungut sebilah kayu dan menghampiri anak itu dengan wajah sangat murka.

Darby menahan napas. Hatinya yakin dia akan segera melihat adegan pembantaian. Dia tahu benar, pamannya itu mudah naik pitam. Ketika sang paman sudah sampai di tempat gadis cilik itu berdiri, tanpa

30

diduga bocah kecil itu dengan sigap melangkah maju, menatap tajam mata sang paman dan berteriak sampai serak “IBUKU MINTA LIMAPULUH SEN!”

Langkah sang paman terhenti, memandangi anak itu sesaat, lalu dengan perlahan meletakkan kayu di tangannya, merogoh kepada bocah perempuan itu.

Gadis kecd itu menerima uang yang terulur padanya dan dengan perlahan-lahan melangkah mundur ke pintu, tanpa sedetikpun mengalihkan pandangannya dan lelaki tua yang barn saja dia kalahkan. Sesudah bocah itu berlalu, sang paman duduk tercenung di atas sebuah kotak sambil menerawang ke luar jendela selama lebih dan sepuluh menit. Dengan setengah masygul dia merenungi kekalahan telak yang baru saja dialaminya.

Tn. Darby sendiri juga tak habis pikir. Baru sekali itu dia menyaksikan gadis kecil anak buruh penggarap lahan yang dengan berani mempecundangi orang dewasa. Bagaimana dia bisa melakukan semua itu? Apa yang sebenarnya terjadi pada sang paman sampai-sampai lelaki tua itu menjadi luluh dan mendadak sontak bersikap sangat patuh mirip seekor anak domba? Kekuatan aneh apa tersimpan pada gadis kecil itu sampai dia bisa menaklukkan lelaki tua yang tak lain adalah tuan tanahnya? Semua pertanyaan itu memenuhi benaknya, namun sampai bertahun-tahun dia tak juga menemukan jawabannya sebelum akhimya dia mengisahkan kejadian tersebut kepada penulis.

Anehnya, kisah luar biasa itu dia tuturkan kepada penulis di tempat penggilingan gandum yang sama, di mana sang paman menerima pukulan telak itu beberapa tahun yang silam.

Ketika kami berdiri di penggilingan gandum tua yang dipenuhi debu itu, Tn. Darby terus mengulang-ulang kisah penaklukan luar biasa itu dan menutupnya dengan sebuah pertanyaan Bagaimana kau memaknainya? Kekuatan aneh apa yang dimiliki gadis kecil itu yang memberikan pukulan telak pada pamanku?

Jawaban atas pertanyaan mi dapat ditemukan pada pnnsip-prinsip yang akan dijelaskan dalam buku mi. Jawaban lengkap dan memungkinkan semua pembaca men gerti dan pada gilirannya menerapkan kekuatan sejenis seperti yang ada pada anak itu.

Asahlah kewaspadaan Anda, maka Anda akan menyaksikan kekuatan aneh macam apa yang menyelam atkan anak kecil itu, dan melihat sekilas kekuatan terse- but pada bab selanjutnya. Di salah satu bagian buku mi Anda akan mendapati ide yang dapat mengasah kepekaan Anda, yang kelak membantu Anda menguasai dan memanf aatkan kekuatan dahsyat yang sama. Kejehan anda pada keberadaan kekuatan mi mungkin akan Anda peroleh pada bab pertama buku i, atau dia akan datang pada bab selanjutnya. Dia akan datang kepada Anda dalam wujud sebuah ide, rencana atau tujuan. Sekali lagi mungkin Anda hams menengok pada kesuksesan atau kegagalan Anda di masa lalu, lalu menggali pelajaran berharga yang membantu Anda merebut kembali semua yang pemah anda miliki.

Sesudah saya jelaskan kepada Tn. Darby tentang kekuatan dahsyat yang secara tak sengaja menghinggapi gadis kecil itu, serta merta dia mengenang pengalamann ya selama tiga dasawarsa menjadi seorang salesman perusahaan asuransi, dan secara jujur mengakui bahwa kesuksesannya di bisnis itu sebagian besar disebabkan oleh pelajaran yang dia dapatkan dan keberanian gadis

32

kecil di penggihngan gadum itu. Tn. Darby bertutur, Setiap kali ada prospek yang menolak tawaran saya, saya selalu terkenang pada gadis kecil keras kepala yang berdiri tegar di penggilingan gandum milik pamanku dengan mata yang menatap tajam tanpa rasa takut, lalu aku berkata pada diri sendiri, Aku harus berhasil menjual poles kepada orang itu.” Poles terbesar yang berhasil saya jual biasanya justru berasal dari prospek-prospek yang semula menolak. Ketika mata bornya hanya tinggal berjarak tiga kaki saja dan kandungan emas paling gemuk di tambang itu. Dia berujar, Kejadian tu merupakan hikmah terpendam yang menga jarkan saya agar terus menggali, seberat apa pun jadi nya. Pelajaran berharga yang harus saya pahami sebelum saya berhasil di bidang apa saja. Kisah tentangTn.Darby dan sang paman, gadis kecil anak buruh penggarap lahan dan kisah tambang emas itu tentu sudah melekat di benak ratusan orang yang mencan nafkah dengan menjual polis asuransi. Bagi kalangan itu, penulis ingin sekali menambahkan bahwa keberhasilan Tn. Darby menjual lebih dari sejuta dolar polis asuransi setiap tahunnya adalah berkat hikmah yang dipetiknya dari kedua kisah di atas.

Hidup memang aneh, dan sering sulit sekali dimengerti’ Kesuksesan dan kegagalan sering berpangkal dari pengalaman-pengalaman yang sepele. Pengalaman Tn. Darby adalah sesuatu yang sangat lumrah dan sepele, namun sarat dengan jawaban tentang takdir di dalam kehidupannya. Oleh karenanya kedua kisah itu baginya sama pentingnya dengan kehidupan itu sendiri. Dia memetik untung dan dua kejadian dramatis itu, karena dia berhasil menganalisanya dan memeras sari terpenting di

34

balik kisahnya. Tetapi bagaimana dengan orang yang sama sekali tak sempat dan tak mau mengkaji kegagalan demi mencari pelajaran moral yang akan membuka jalan ke arah keberhasilan? Dan mana dan bagaimana dia hams belajar seni menyiasati kekalahan dan mengubahnya menjadi batu loncatan menuju peluang sukses?

Untuk semua maksud dan alasan itulah buku ini di tulis. Untuk menjawab pertanyaan di atas akan saya paparkan tigabelas prinsip benkut ini. Namun harap diingat, saat Anda yang Anda cari-cari, yang membuat Anda penasaran dan terpaksa merenungkan keanehan hidup, mungkin akan muncul dengan sendirinya di dalam benak Anda, melalui beberapa ide, rencana atau niat yang bisa timbul sewaktu-waktu di dalam.

Untuk meraih sukses, Anda hanya memerlukan satu ide hebat. Prinsip-prinsip yang kami beberkan di dalam buku mi mengandung cara-cara terbaik untuk menciptak an ide yang berguna.

Sebelum Anda menyimak deskripsa kami tentang prinsip-prinsip itu, kami yakin Anda pantas mendapatkan saran penting berikut ini:

JIKA TIBA SAATNYA KEKAYAAN ITU DATANG, DIA AKAN DATANG DENGAN BEGITU MUDAHNYA, DAN ‎‎BERLIMPAH RUAH SAMPAI ORANG HERAN DAN BERTANYA-TANYA. DI MANA MEREKA BERSEMBUNYI SELAMA INI.

Memang, mi pernyataan yang mengejutkan, terleb ih lebih kalau mengingat pandangan umum bahwa kekayaan hanya akan datang kepada orang-orang yang bekerja keras dalam waktu lama.

Jika Anda bisa berpikir seperti orang kaya lalu benar-benar menjadi kaya, akan Anda saksikan bahwa kekayaan yang sesungguhnya berawal dari suasana hati Anda, didukung oleh tujuan yang jelas dan pasti, dengan kebulatan tekad, dan sedikit atau sama sekali tanpa kerja keras. Anda dan orang lain tentu ingin tahu bagaimana cara mencapai suasana jiwa yang dapat mendatangkan kekayaan. Duapuluh tahun lamanya saya melakukan riset tentang topik ini, menganalisa lebih dan 25,000 responden, karena saya juga ingin tahu bagaimana para milyarder itu bisa jadi kaya-raya seperti itu.

Tanpa riset itu mustahil buku mi sampai ke tangan Anda. menjalari seantero kawasan Amerika pada tahun 1929 dan terus menghancurkan sendi-sendi perekonomian, hingga saatnya Presiden Roosevelt dilantik. Sesudah itu depresi memudar lalu berganti dengan kehampaan. Seperti tukang listrik di gedung teater yang menyalakan lampu satu persatu sehingga kegelapan sima tanpa Anda sadari, demikian pula kengenan yang mencekam warga secara perlahan luruh dan berganti dengan keyakinan.

Setelah Anda mulai menguasai prinsip-prinsip filosofi mi, dan mengikuti semua petunjuk tentang penerapan prinsip-pnnsip tersebut, Anda akan melihat posisi keuanga n Anda mulai membaik dan nyaris semua benda yang Anda sentuh akan berubah menjadi aset yang sangat menguntungkan. Mustahil? Tidak juga.

Salah satu kelemahan utama manusia adalah keakraban mereka dengan kata mustahil. Mereka sangat mengenal kaidah-kaidah yang tak dapat dijalankan. Mereka tahu segala sesuatu yang tak dapat dilakukan. Buku ini ditulis bagi orang-orang yang mencari formula yang dapat membuat orang lain kaya dan bersedia mempertaruhkan segala sesuatunya demi formula itu.

Beberapa tahun yang lalu saya membeli sebuah kamus yang bagus. Entri pertama yang saya can di kamus

36

itu adalah definisi kata “mustahil,’ lalu dengan hati-hati saya gunting halaman yang berisi kata ‘mustahil.” Tentu saya tidak menyarankan Anda menirukannya.

Sukses akan datang kepada mereka yang SELALU MEMIKIRKAN KESUKSESAN. Kegagalan akan menghinggapi mereka yang secara acuh tak acuh membiarkan dirinya MEMIKIRKAN KEGAGALAN.

Buku ni kami susun dengan maksud untuk memb antu semua orang yang mencarinya, dan mempelajari seni mengubah KEGAGALAN menjadi SELALU MEMIKIRKAN KESUKSESAN.

Kelemahan lain yang menghinggapi kebanyakan orang adalah kebiasaan mengukur atau menilai segala sesuatu dari semua orang di sekitamya berdasarkan kesan atau keyakinan pribadi. Beberapa di antara Anda yang membaca bagian ini pasti yakin bahwa mustahil orang bisa memikirkan kekayaan dan benar-benar menjadi kaya. Mereka tidak bisa berpikir dalam konteks kekayaan karena pola pikir mereka cenderung diwarnai oleh kemiskinan, kekurangan, nestapa, kegagalan dan kekalahan.

Jutaan orang silau melihat kesuksesan Henry Ford dan iri kepadanya, karena nasibnya yang mujur, kaya raya, jenius, atau apa saja yang mereka anggap sebagai penyebab nasib baik Henry Ford. Mungkin dan tiap seratus orang hanya ada satu orang yang tahu rahasia kesuksesan Ford, namun sayang mereka terlalu pelit bicara, pemalu atau enggan membahasnya. Ada satu transaksi yang dengan sangat sempurna dapat mengungk apkan rahasia Ford itu.

Ketika Ford memutuskan untuk memproduksi mesin V8-nya yang terkenal itu, dia memilih untuk membangun

mesin dengan delapan sihnder yang dicetak pada satu blok, kemudian memerintahkan jajaran insinyurnya memb uat desain mesin tersebut. Desainnya pun digambar, namun para insinyur merasa mustahil bisa mencetak mesin delapan silinder dengan pada satu blok saja.

Tetapi Ford bersikeras, ‘Pokoknya buat saja.” “Tapi itu tak mungkin,’ balas mereka. “Coba terus,’ perintah Ford, “dan teruslah kalian kerjakan sampai berhasil, persetan berapa lama kau menyelesaikannya.

Para mnsinyur itu bekerja keras. Tak ada pilihan lain kalau mereka tetap ingin bekerja di perusahan Ford. Enam bulan berlalu, tak ada peilcembangan yang berarti. Enam bulan lagi lewat, dan untuk melaksanakan perintah majika n mereka, namun tetap saja mereka selalu terbentur pada satu kata. Mustahil.’

Di akhir tahun Ford menginspeksi para insinyurnya, dan lagi-lagi diberitahu bahwa mereka belum berhasil menjalankan penntahnya.

“Pokoknya coba terus,’ tukas Ford, Kalau aku mau kau harus mendapatkannya.’

Mereka terus bekerja keras, dan tiba-tiba saja bagaikan sihir, para insinyur itu menemukan rahasia pembuatan mesin 8 silinder dengan satu blok. Kekerasan hati Ford lagi-lagi memang!

Mungkin pemaparan kisah mi kurang mendetil, namun substansinya cukup jelas. Jika Anda berharap dapat memikirkan kekayaan dan benar-benar menjadi kaya cobalah Anda simpulkan sendiri rahasia kesuksesan Henri Ford dalam menangguk jutaan dolar. Jika Anda dapat melakukannya, boleh jadi Anda tak perlu mencari lebih jauh lagi.

Henry Ford berhasil meraup sukses karena dia

memahami dan menerapkan prinsip-prinsip kesuks esannya. Salah satu faktor terpenting adalah HASRAT KEINGINAN; maksudnya, dia tahu benar apa yang diinginkannya. Cobalah Anda ingat-ingat kisah Ford ini, dan cobalah Anda temukan kalimat-kalimat yang mengand ung rahasia suksesnya yang luar biasa. Jika Anda dapat menunjukkan sekelompok pnnsip yang melambungkan Henry Ford menjadi seorang multijutawan, maka Anda juga dapat menandingi kesuksesannya itu dalam bidang apapun yang Anda tekuni.

Bill Gates adalah fenomena Henry Ford di penghuJ ung abad ke-20. Sebagaimana Ford yang berhasd merevolusi industri transportasi dengan menciptakan mobil yang harganya terjangkau dan dapat dikemudikan siapa saja, Bill Gates merevolusi industri semua orang bukan hanya para teknokrat menggunakan komputer, dan akhirn ya menjadikan persona! computer sebuah kebutuhan wajib bagi semua kantor, sekolah dan rumah tangga. Terobosan ni membuat Bill Gates mendulang milyaran dolar dan menjadi orang terkaya di Amerika.

Pada umur 13 tahun dia sudah keranjingan pada komputer dan membuat berbagai program komputer. Pada tahun 1973 dia mendaftar ke Universitas Harvard dan tinggal apartemen yang sama dengan Steve Ballmer yang sekarang menjadi CEO Microsoft. Sambil kuliah di Harvard Gates mengembangkan salah satu versi bahasa pemrograman, yakni BASIC untuk mikrokomputer pertama.

Memasuki tahun kedua di universitas, Gates begitu terobsesi dengan mimpinya untuk membangun sebuah perusahaan perangkat lunak, sehingga dia meninggalkan Harvard dan mencurahkan segenap energinya untuk mewujudkan mimpi itu. Beberapa tahun sebelumnya, temannya masa kecilnya, Paul Allen, sudah membangun perusahaan yang bernama Microsoft sebagai kendaraan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dipandu oleh keyakinannya bahwa komputer akan menjadi piranti yang sangat berguna di kantor dan rumah tangga, mereka mulai mengembangkan perangkat lunak untuk PC. Wawasa n ke depan dan visi Gates untuk mewujudkan personal computing merupakan kunci utama keberhasilan Microsoft dan industri perangkat lunak pada umumnya.

Setelah mencapai sasaran utamanya, Bill Gates masih menjajagi target lamnnya, yakni menciptakan program-program komputer yang semakin baik dan melak ukan kerja amal setelah bersama istrinya, Melinda, dia mendirikan sebuah yayasan amal.

JADILAH “PENGUASA TAKDIR DAN

NAHKODA JIWA ANDA”

Dengan menuliskan salah satu baik puisinya yang terkenal, “I am the Master of my Fate, I am the Captain of my Soul, (Aku Penguasa Takdirku, Aku Nahkoda Jiwaku) penyair Inggris W.C. Henley seharusnya mengat akan bahwa kita SEMESTINYA adalah Penguasa Takdmr dan Nahkoda Jiwa Kita, karena kita memiliki kekuatan untuk mengendalikan pikiran.

Seharusnya dia juga menunjukkan bahwa lapisan udara yang mengelilingi bola dunia mi, di mana kita bergerak dan berkiprah, merupakan energi yang bergerak dengan getaran luar biasa. Selain itu, udara berisi sebentuk kekuatan universal yang dapat MENYESUAIKAN DIRI dengan pikiran di dalam benak kita; dan secara alamiah MENGGERAKKAN kita untuk mengubah semua pikiran menjadi kenyataan.

40

Kalau saja penyair itu telah mengatakan kebenara n mi, kita niscaya akan tahu MENGAPA kita sesungguhnya adalah Penguasa Takdir dan Nahkoda Jiwa Kita. Seharusnya dia juga secara tegas menunjukkan bahwa kekuatan itu tidak membedakan pikiran yang konstruktif dan destruktif, dan dia akan mendorong kita untuk mengejawantahkan semua pikiran itu menjadi realitas, apakah kita ingin menjadi miskin atau kaya.

Seharusnya dia pun mengatakan bahwa otak kita dikehlingi oleh semacam magnet yang berasal dan pikiran pikiran yang mendominasi benak kita. Dengan mekanisme yang rumit, magnet-magnet itu juga akan menarik semua kekuatan, orang dan situasm yang selaras dengan pikiran dominan kita.

Seharusnya dia menunjukkan bahwa sebelum kita dapat menumpuk kekayaan yang melimpah, kita seharusn ya membiarkan KEINGINAN untuk menumpuk kekayaan menempel di benak kita bagaikan sebuah magnet. Atau dengan kata lain kita harus benar-benar memmkmrkannya sampai KEINGINAN itu mendorong kita untuk menyusun rencana yang jelas untuk memperolehnya.

Namun karena dia hanya penyair dan bukan filsuf, dia hanya bisa menyatakan sebuah kebenaran dalam sepenggal puisi, dan membiarkan pembacanya menafsirk an makna filosofis dan bait-bamtnya.

Namun sedikit demi sedikit kebenaran itu terungk ap juga. Sekarang nampak jelas bahwa prinsip-prinsip yang dijelaskan di dalam buku mi mengandung rahasia cara mengendalikan takdir finansial kita.

Tokoh lain yang benar-benar “menguasam takdirnya adalah Steven Spielberg, salah satu sutradara film terbes ar sepanjang masa. Sejak kecil dia sudah bermimpi

menjadi sutradara film. Ketika kecil dia sudah gemar membuat film-film amatiran dengan kamera primitifnya, dan mimpi itu tak pernah juga pudar dan benaknya.

Keberhasilan Spielberg berhasil menembus Universal Studios merupakan legenda tersendiri di dalam dunia film. Dia sengaja mengikuti wisata ke Universal Studios, sebuah atraksm yang memungkinkan para pengunjung mengintip si dapur studio film. Para pengunjung naik trem mengelilingi kompleks studio. Stephen diam-diam turun dan tremnya dan bersembunyi di balik dua panggung sist ern efek suara sampai acara tur itu usai. Ketika dia meninggalkan kompleks studio itu, dia sengaja mengatak an beberapa patah kata kepada petugas keamanan di pintu gerbang.

Setiap han dia mendatangi studio itu selama tiga bulan. Dia melewati gardu jaga sambil melambai kepada petugas di gerbang. Dia selalu memakai stelan perlente dan menenteng kopor, dan sambilan selama liburan musam panas. Dia sengaja mengobrol dan berteman dengan beberapa sutradara, penulis sknp dan editor. Dia bahkan berhasil menemukan ruang kantor yang kosong dan mengg unakannya, bahkan mendaftarkan namanya di dalam direktori bangunan itu.

Dia sengaja mendekati Spielberg Sid Sheinberg,yan g ketika itu merupakan kepala produksi untuk divmsi televisi di studio itu. Kepadanya Stephen menunjukkan demo hasil proyek film di karnpusnya, yang membuat Sheinberg terkesan dan mengontak pemuda itu.

Film panjang pertama yang dibuatnya The Sugar land Express berhasil mencura perhatian para knitisi dan mernenangkan penghargaan untuk kategori cenita terbamk pada festival Cannes Film pada tahun 1974. Sayang film itu gagal memecahkan rekor box office.

Kesempatan besar menghampirinya lagi setahun kemudian ketika dia membaca novel berjudul “Jaws. Studio tempatnya bekerja sudah memutuskan untuk memfllmkan novel tersebut dan sudah menunjuk seorang sutradara temama untuk membuatnya.

Ma ti- matian Spielberg minta diben kesempatan menyutradarai film itu. Meskipun film The Sugarland Express gagal mendulang laba,rasa percaya dirinya tak pemah luntur, dan dia terus membujuk para produser agar memberinya kesempatan menyutradarai film.

Ternyata proyek film Jaws bukan pekerjaan yang gampang. Sejak awal berbagai kesulitan menghadang proses produksinya. Kemudian berbagai problem teknis dan pembengkakan biaya juga terjadi. Namun ketika Jaws dinlis pada bulan Juni 1975, film itu mendatangkan dua keberhasilan: Dia berhasil memecahkan rekor setelah dinhs, film itu sudah mendatangkan uang $60 Juta, jumlah yang amat fantastis ketika itu. Tak ama sesudah itu, film tersebut berhasil mendatangkan laba kotor hampir setengah milyar dolar.

Beberapa tahun sesudah itu Spielberg menyutradar ai beberapa film, termasuk serial Indiana Jones, film The Color Purple dan Empire of the Sun, serta E. T. yang banyak memenangkan penghargaan.

Kemudian dia juga menyutradarai film Jurassic Park, yang menjadi film paling sukses dalam industri layar perak, film ketiga Spielberg yang memecahkan rekor penjualan tiket dan mendatangkan laba kotor $1 milar dan cenderamata dan merchandise lain yang bertema Jurassic Park.

‎* a * ‎

Spielberg masih terus mengejar mimpi-mimpinya. ‎

Ketika dia dan dua raja film Hollywood mendirikan perusahaan rumah produksi sendiri, mereka memberinya nama “Dreamworks.’

Mari kita sekarang mengkaji prinsip yang pertama. Tetaplah bersikap terbuka, dan sambil terus membaca ingatlah, prinsip-prinsip itu bukan ciptaan manusia. Prinsip-prinsap itu telah dihimpun dan pengalaman hidup lebih dan 500 orang yang berhasil mengumpulkan kekayaan dalam skala yang fantastis; mereka yang mula mula miskin, minim pendidikan, tak punya pengaruh. Ke 500 orang itu berhasil menerapkan prinsip-prinsip tersebut. Anda dapat memanfaatkanya dan meraih faedah yang akan bertahan lama.

Dan sesungguhnya tak sulit bagi Anda untuk melakukannya. Sebelum Anda membaca bab selanjutnya, ketahuilah bahwa prinsip ini menyajikan informasi faktual yang dengan mudah dapat mengubah takdir Anda karena pnnsip mi juga telah mendatangkan perubahan yang luar biasa pada dua tokoh yang telah kami sebutkan di atas.

Ketahuilah bahwa hubungan saya dengan kedua tokoh itu mengungkapkan fakta tentang mereka. Salah satunya adalah sahabat pribadi saya selama duapuluh lima tahun, dan tokoh yang lain adalah anak saya sendiri. Kisah keberhasilan dua orang yang secara pribadi sangat saya kenal itu justru menunjukkan bahwa prinsip ini dapat diterapkan secara luas.

44

Iklan

One response »

  1. Ping-balik: Pembukaan Think and Grow Rich Karya Napoleon Hill Indonesia | Khokom Go-Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s