Dia Yang Melakukannya, Akan Memiliki Seluruh Dunia. Dia Yang Tidak Bisa, Akan Berjalan Di Jalan Yang Sepi

Standar

Sebelumnya akan saya utarakan, bahwa tulisan dibawah ini adalah bukan ASLI tulisan saya, melainkan hanya memindah dari buku yang berjudul, “Bagaimana Mencari Kawan Dan Mempengaruhi Orang Lain”, karia Dale Carnegie. Yang diterbitkan di Indonesia oleh Bina Rupa Aksara, tahun 1993.

 

Selamat Membaca!

 

Seseorang yang gemar memancing, tidak akan pernah menggunakan umpan sesuai dengan apa yang dia sukai seperti saat dia makan, yaitu “nasi ayam” misalkan. Pasti dia akan menggunakan cacing sebagai umpannya. Mengapa Anda tidak menggunakan akal sehat ini saat memancing orang lain?

Mengapa selalu mengutamakan apa yang kita inginkan?, itu terlalu kekanak-kanakan. Memang benar anda akan selalu tertarik dengan apa yang anda inginkan. Selamanya anda akan tertarik pada hal itu.  Tapi orang lain belum tentu berminat akan hal yang anda inginkan, kita semua persis seperti itu : kita berminat terhadap apa yang kita inginkan.

 

Jadi! Satu-satunya cara untuk  mempengaruhi orang lain di dunia ini adalah berbicara terhadap apa yang mereka inginkan  dan tunjukkan kepada mereka bagaimana cara memperolehnya.Gambar

 

Misalnya, bila anda menginginkan anak dilarang merokok maka jangan memberi ceramah pada mereka, dan jangan bicarakan tentang apa yang anda inginkan, “melainkan tunjukkan pada mereka bahwa merokok mungkin akan membuat mereka tidak bisa masuk dalam tim bola basket atau tidak bisa memenangkan lomba lari seratus  meter.

 

Hal ini perlu diingat, bahwa tidak peduli anda berurusan dengan anak manusia ataupun anak domba, semua sama saja.

Contohnya, suatu ketika bapak Achyarudin bersama putranya bersama-sama menggiring anak sapi masuk dalam kandangnya. Namun mereka melakukan kesalahan yang lazim, yaitu mereka melakukan sesuai dengan apa yang mereka inginkan : bapak Achyarudin mendorong sapi dan putranya menghela. Namun sapi tersebut hanya melakukan seperti yang sapi itu inginkan : maka dia mengeraskan kakinya dan menolak meninggalkan rumput yang sedang ia injak. Tapi ada orang lain yang melihat kejadian tersebut, dan langsung memberi contoh pada pak Achyarudin bahwa yang dilakukannya itu adalah salah. Orang itu meluruskan tangannya untuk mengambil rumput dan membiarkan tangan serta rumput dimakan sapi tersebut sambil menghelanya ke kandang.

 

Semua kejadian yang anda lakukan mulai dari anda lahir adalah dikarenakan keinginan anda akan melakukan sesuatu. Trus! Bagaiman halnya saat anda mendonorkan darah anda pada palang merah?, ya tidak ada pengecualian tentang hal itu. Anda mendonorkan pada palang merah karena anda ingin menolong, anda ingin melakukan hal yang baik yang tidak memikirkan diri sendiri bahkan  mulia. “Dalam banyak hal yang telah anda kerjakan dalam hidup anda, kebanyakan anda  melakukannya hanya untuk diri anda sendiri”.

Gambar

Anda tidak akan menyumbangkan Uang apabila perasaan KEINGINAN anda tidak lebih besar dari pada uang. Anda menyumbangkan uang, pasti karena menginginkan sesuatu, misalkan pujian/perasaan lebih tinggi atau surga kelak.

Harry A. Overstreet dalam bukunya yang memberi penerangan Influencing Human Behavior menerangkan, “Tindakan keluar dari apa yang secara mendasar kita harapkan…nasihat terbaik yang diberikan pada calon-calon pembujuk, apakah dirumah, bisnis, di sekolah, ataupun dalam politik, yaitu yang pertama  dan yang paling utama adalah bangkitkan hasrat mereka. Dia yang bisa melakukan ini akan memiliki dunia bersamanya. Dia yang tidak bisa melakukannya akan berjalan di jalan yang sepi.

 

Andrew Carnegie, seorang anak Scotlandia yang awalnya adalah seorang yang sangat miskin, dan hanya di bayar 2 sen sejam saat bekerja, dan akhirnya mampu menyumbang $365 juta, karena dia sudah belajar lebih dini tentang bagaimana menangani orang lain, yaitu mempengaruhi dengan berbicara tentang apa yang orang lain inginkan. Dia bersekolah hanya 4 tahun, namun dia sudah  belajar bagaimana menangani orang lain.

Besok mungkin anda ingin mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu. Sebelum anda berbicara, berhentilah sebentar dan tanyakan pada diri anda : “Bagaimana saya bisa membuat orang ini melakukannya?”.

 

Pertanyaan tersebut akan menghentikan kita agar tidak tergesa-gesa masuk dalam situasi yang tidak menguntungkan dengan mengeluarkan kalimat-kalimat mengenai keinginan kita.

Berikut ini adalah salah satu saran terbaik yang pernah diberikan dalam seni berhubungan dengan manusia. “Kalau pernah ada rahasia mengenai sukses, itu adalah kemampuan untuk melihat segala sesuatunya dari sudut pandang orang lain dan juga sudut pandang dari diri anda sendiri”, Kata Henry Ford.

Nasihat itu sangatlah baik sehingga saya ingin mengulanginya lagi,

 

“Kalau pernah ada rahasia mengenai sukses, itu adalah kemampuan untuk melihat segala sesuatunya dari sudut pandang orang lain dan juga sudut pandang dari diri anda sendiri”.

 

Hal ini sungguh sangatlah sederhana dan begitu jelas, siapapun seharusnya dapat melihatnya, namun 90% manusia di dunia ini mengabaikannya.

Dunia ini penuh dengan orang-orang yang merampas dan mementingkan dirinya sendiri, individi yang memang jarang bersedia, yang berusaha tanpa mementingkan diri sendiri dan selalu membantu segala kesulitan orang lain, sebenarnya mempunyai keuntungan yang besar. Individu tersebut hanya memiliki sedikit pesaing. Owen D. Young, seorang ahli hukum terkenal dan salah satu pemimpin besar dalam dunia bisnis Amerika, pernah berkata : “Orang yang bisa meletakkan diri mereka pada tempat orang lain, yang bisa mengerti cara berfikir orang lain, tidak perlu khawatir tentang masa depan mereka”.

Gambar

 

William Winter pernah berkata bahwa “Ekspresi diri adalah kebutuhan dominan dari sifat dasar manusia”. Mengapa kita tidak bisa mengadaptasi hal yang sama? Padahal ini adalah untuk kebutuhan dalam kehidupan kita sendiri?. Disaat kita mempunyai ide cemerlang, kita tidak usah memaksa orang lain untuk setuju dengan ide kita tersebut, melainkan membiarkan mereka untuk ikut memasak dan mengaduk-aduk ide tersebut. Mereka akan merasa bahwa itu adalah ide mereka sendiri, dan kemungkinan dia akan memakan dua mangkuk karena mereka menyukainya.

 

Ingat!

 

Yang pertama dan yang pualing utama, adalah pancing kemauan mereka dengan membangkitkan minat dalam diri mereka. Dia Yang Melakukannya, Akan Memiliki Seluruh Dunia. Dia Yang Tidak Bisa, Akan Berjalan Di Jalan Yang Sepi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s