Menjadi Vegetarian

Standar

Tidak inginkan, kita cepat tua dan tidak sehat. Salah satu gaya hidup yang menyehatkan kita adalah menjadi vegetarian. Namun masalahnya, memulai vegetarianisme bagi sebagian orang itu susahnya bukan main. Berat rasanya melepaskan ayam goreng, bakso ataupun tengkleng sapi yang sudah menjadi langganan santapan malam minggu.
Kebiasaan pola makan memang sulit diubah bagi sebagian orang. Untung masih sulit, berarti masih bisa diubah daripada Mustahil. Nah, ada sejumlah kiat-kiat bagi mereka yang memang niat menjadi pemakan botani. Baik, kita mulai dari yang pertama yaitu lakukanlah perubahan pola makan secara bertahap, misalnya tidak makan daging merah tapi masih menyantap daging ayam dan ikan, ditambah susu dan telur juga masih ok!, istilahnya adalah menjadi semi-vegetarian dulu. Silahkan anda membuat program pola makan sendiri sebagai penyesuaian terhadap tubuh anda, apakah harus makan daging ayam seminggu sekali ataukah hanya telur saja, terserah anda. Perlu digaris bawahi, bahwa nutrisi, gizi dan vitamin itu tidak mudah didapat dari tumbuh-tumbuhan, semisal Omega 3. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila kita seorang vegetarian yang masih mengkonsumsi ”ikan” dan jenis hewan laut lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh untuk sementara waktu.
Langkah selanjutnya adalah dengan men-stop diri kita untuk mengkonsumsi apapun yang berbau hewani meskipun itu hewan-hewan air (ikan, kerang, udang, dsb) yang disinyalir mengandung banyak nutrisi. Yakinlah bahwa anda akan sangat sehat dan kebutuhan nutrisi terpenuhi hanya dengan memakan sayur, buah, biji, umbi, kacang, jamur, dan seterusnya.
Kemudian tahap lebih lanjut, adalah menghindari kuah yang terkontaminasi daging. Bahkan minyak bekas menggoreng dagingpun tidak bisa ditolerir, apalagi makanan ringan yang mengandung bahan-bahan daging. Agar pola makan tetap sesuai dengan kebutuhan tubuh, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan ahli gizi.
Untuk menghindari kebosanan menjadi vegetarianisme, mulailah untuk hunting berbagai menu lezat dari resep-resep manapun. Bahkan resep tradisional kita yang vegetarian banyak yang nikmat seperti gado-gado, lalapan, sambel korek, dan sebagainya. Jangan lupa minuman seperti jus dan sejenisnya. Silahkan bila ingin mencoba menu-menu kreatif dari restoran yang tersebar yang tentunya bertema vegetarian, biasanya menyediakan menu yang tak kalah lezat dari daging.
Yang terakhir, usahakan untuk memasuki lingkungan yang juga vegetarian. Teman yang sama-sama vegetarian membuat kita disiplin dan semangat menjalani vegetarian. Apabila tidak bisa memasuki lingkungan vegetarian, kita-nya yang harus kuat dan tahan godaan. Sekian tulisan ala khokom, semoga sukses dalam menjalaninya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s