Sukses With Eo

Standar

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti seminar EO (Event Organization), dengan tema Sukses With EO, bertempat di gedung multimedia STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam negeri) Surakarta. Pembicaranya adalah seorang EO-er yang sudah terbukti sukses di kota Solo dengan EO-nya, yaitu Nono (Founder EO Badai Emas, blog : eventkami.blogspot.com) dan Yoyok Aryoseno (Founder EO  , blog : lukisansolo.blogspot.com). Bagi yang ingin belajar tentang EO, silahkan hubungi mereka. Ok! Langsung saja akan saya paparkan ilmu yang saya dapat dalam seminar tersebut.

Apa sih EO itu? Organisasi yang memanajemen suatu event.
Event itu seperti apa? Bisa berupa apapun, misalnya acara olah raga, pentas hiburan dan musik, penyelenggaraan pernikahan, ulang tahun, pameran kebudayaan, acara keagamaan, acara peresmian atau launching, dan acara lainnya yang sekiranya bisa di kelola. Biasanya EO ini menunggu pemesanan dari penyelenggara acara, akan tetapi bila tidak ada pesanan bagaimana? yah, kita buat sendiri acaranya. Semisal kita mengadakan suatu pertandiangan catur, tapi yang membuka Wali Kota. Berarti berjudul pertandingan catur piala walikota. Sudah lumayan kerenkan, kalau yang membuka walikota?

yang diperlukan oleh EO itu adalah jaringan yang luas, ide dan dana. Maka dari itu mulailah membuat jaringan (network) yang luas, terutama tetangga saudara, maupun teman-teman yang anda jumpai. Maka dari itu seorang EO haram hukumnya memutuskan suatu hubungan. Selanjutnya, bila tidak ada dana kita bisa pinjam atau nekat saja membuat event lomba lari dengan biaya pendaftaran Rp 10.000,- , Nah! tentu saja dananya dari situ. Perlu di catat, bahwa ilmu itu hanya di dapat karena suatu tindakan. Bila tidak mencoba, berarti tidak punya ilmu atau pengalaman.

Berikutnya untuk ide, seringnya kita lupa akan suatu referensi berupa apapun. Maka dari itu kita perlu data. Kumpulkan apapun itu saat anda menemukan sesuatu yang menarik di dalam kertas, gunting event-event di koran yang menarik dan dibuat kliping layaknya anak SMA. Nah! ide-ide menarik muncul dari data-data yang di kliping tadi. Kelemahan orang Indonesia adalah karena malas menulis dan mendokumentasi, padahal otak kita mudah lupa!

Investasi apa saja yang mendukung perkembangan EO? Ada 4, yaitu waktu, ilmu, teman dan harta. Kita pandai-pandai saja dalam memanajemen ke-4 investasi tersebut, terutama bila anda masih muda dan mahasiswa.

Kenapa? karena kemudaan dan label mahasiswa itu lebih dipercaya dan dihargai dimanapun daripada Sarjana. Bahkan di perusahaan besar macam Metro Tv pun percaya terhadap mahasiswa yang ingusan dan tidak punya modal, sebagai wartawannya!. Bila anda masih muda, manfaatkan kemudaan kalian!

Selanjutnya, apa yang kira-kira diperhitungkan dalam memanajemen EO?
1. Team Work, kerja sama tim dan semua arek-arek yang terkait (konsumsi, transportasi, Birokrasi, administrasi, dan semua yang dikira-kira saja terkait)
2. Pengisi acara
3. Properti-properti akomodasi
4. Perijinan keamanan dari pemerintah
5. Pengelolaan Artist (hiburan)
6. Pengelolaan massa (internal dan external)
Secara umum seperti diatas. Diusahakan untuk membuat acara sedramatisir mungkin untuk membuat kesan yang memorable.

Hal yang tak kalah penting pula adalah personal branding, yaitu identitas dirimu bahwa dirimu adalah orang yang bisa memanajemen EO secara profesional. Apa fungsinya? agar orang-orang tau bahwa anda adalah EO. Sama seperti meng-iklan-kan, tapi ini iklan tentang diri anda. Sebarkan (kenalkan) seluas-luasnya informasi tentang diri anda lewat facebook, kartu identitas, dan sebagainya, sehingga kalau ada orang membutuhkan jasa EO, dia langsung menunjuk diri anda dan tentunya bukan orang lain.

Sekianlah informasi dari saya, maaf ya kalau informasi diatas tidak sesuai dengan fantasy anda. Mudah-mudahan bermanfaat, paling tidak menambah wawasan. Sukur-sukur bisa memotivasi. Sekian coret-coret ala khokom. Selamat mencoba!

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s